Online cara Efektif untuk kegiatan Perkuliahan saat Pandemi

Sejak di Indonesia diberlakukan PSBB pada awal bulan maret 2020, banyak kegiatan yang terhenti.  Mulai dari perkantoran, pabrik, mall serta tak luput dengan dunia pendidikan. Bahkan kegiatan pendidikan mulai dari play grup sampai perkuliahan pun turut diberhentikan. Dengan PSBB diharapkan dapat memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19 yang terjadi di Indonesia.

Walaupun dilakukan PSBB bukan berarti kita tidak bisa melakukan apapun, termasuk kegiatan belajar mengajar. Di Universitas Yos Soedarso sudah diberlakukan online sejak awal ajaran baru sekitar awal bulan Juni 2020. Mulai pendaftaran mahasiswa baru, pendaftaran ulang bagi mahasiswa aktif, begitupun juga dengan kegiatan perkuliahan yang sudah menggunakan metode online. Semua pengumuman dan berita terkini untuk seluruh mahasiswa Uniyos bisa didapatkan melalui website resmi https://uniyos.ac.id.

Pengumuman jadwal perkuliahan selama pandemi covid-19 selain di grup social media seperti whatsapp dan telegram, dosen-dosen juga memberikan informasi melalui masing-masing menu fakultas terdapat pada website kampus. Sehingga mahasiswa yang aktif tidak ketinggalan mata kuliah satu pun.

Beberapa contoh aplikasi yang digunakan untuk menunjang perkuliahan online(daring) yaitu edlink,  zoom, google meet, dll. Berikut contoh kegiatan perkuliahan online Pengantar Akuntansi Semester 1 untuk mahasiswa kuliah sore yang dilakukan oleh Dosen bapak Denny Astanto, SE, MM., Mata kuliah Pengantar Akuntansi Semester 1 untuk mahasiswa kuliah pagi yang dilakukan oleh Dosen bapak Ichwan Bagas Airlangga, ST., Mata Kuliah Perekonomian Indonesia semester 3 oleh Dosen Bapak Sutrisno, Msi.   menggunakan aplikasi zoom.

Dengan adanya perkuliahan online ini, diharapkan semua mahasiswa tetap mendapatkan materi pelajaran sesuai dengan jurusan masing-masing. Dalam gambar di atas menunjukkan keantusiasan mahasiswa yang ikut serta pada perkuliahan online . Tidak hanya mendengarkan dosen menjelaskan, tapi juga keaktifan tanya jawab mahasiswa yang belum dimengerti.

Semoga pandemi ini segera berakhir, sehingga bisa dilakukan kuliah secara langsung atau tatap muka. Karena masih banyak kekurangan cara penyampaian materi apabila hanya melakukan perkuliahan online.